Skip to content

Berkunjung ke Terowongan Sasaksaat

28 October 2012

Terowongan Sasaksaat membelah perbukitan Cidepong di Desa Sumurbandung, Kecamatan, Cipatat Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Terowongan ini memiliki panjang 950 meter, tinggi 4,30 meter dan lebar 4,38 meter serta tebal dinding 0,85 meter. Terowongan Sasaksaat dibangun untuk mendukung jalur kereta api rute Cikampek – Bandung. Terowongan Sasaksaat dibangun oleh perusahaan kereta api SS (Staats Spoorwegen) pada tahun 1902 – 1903. Tidak jauh dari terowongan Sasaksaat, terdapat stasiun Sasaksaat.



Daerah di sekitar terowongan Sasaksaat merupakan daerah dengan kondisi medan yang cukup sulit. Ada tikungan dan tanjakan. Terowongan ini dibangun dengan ketelitian yang tinggi, karena tingkat kesulitan tanah perbukitan di daerah tersebut. Ada hitungan kemiringan dan tikungan sebesar 16-25 derajat, juga ada sedikit menanjak, sehingga terowongan ini bisa dibangun sesuai dengan bentuk bukit-bukit di daerah itu. Dengan peralatan yang ada waktu itu, didukung dengan ketepatan perhitungan yang tepat, maka pembobolan bukit dari titik awal sampai dengan titik akhir dapat menemui ketepatan yang diharapkan.

Kesulitan lainnya yaitu bukit Cidepong dipenuhi oleh batu cadas. Pengeboman tidak diijinkan untuk menghancurkan batu cadas karena akan menimbulkan getaran yang berpotensi longsor. Untuk menghindari resiko ini, maka terowongan ini dibangun oleh pahatan manual ribuan pekerja. Hal ini di lakukan untuk meminimalisasi getaran yang akan menimbulkan longsor. Pembangunan terowongan ini telah menelan banyak korban jiwa karena dilakukan dengan sistem kerja paksa. Jenazah mereka dikubur di sekitar terowongan tersebut.

Bentuk muka terowongan ini memiliki keunikan yaitu ornamennya mirip kipas nampak semarak dan megah. Keindahan terowongan ini didukung dengan keindahan pemandangan alam di sekitar terowongan.

Ref:
[1]. Tulisan disadur dari http://indonesianheritagerailway.com
[2]. Photo doc pribadi

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: