Skip to content

Belajar Mereset Password Windows XP dengan system Rescue Cd

23 May 2011

Pernah mengalami kejadian lupa password Administrator dikomputer sendiri? Yup saya pernah mengalaminya, salah satu cara mereset password yaitu dengan menggunakan system rescue cd.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

[1].Burning cd system rescue
[2].Set BIOS komputer agar urutan boot CD-ROM drive pada urutan pertama
[3].Setelah muncul layar seperti dibawah ini, pilih default boot options

[4].Tekan enter

[5].Biarkan proses berjalan, sampai keluar menu prompt

[6].Lalu ketikan fdisk -l untuk mengetahui partisi hardisk

[7].Mounting partisi ke /mnt/windows dengan menggunkan perintah ntfs-3g /dev/sda1 /mnt/windows

Untuk melihat apakah partisi sudah ter-mounting gunakan perintah df –m

[8].Selanjutnya masuk ke directory /mnt/windows/WINDOWS/system32/config/

Liss directory tersebut, kita akan mengedit file bernama SAM

[9].Untuk mengubah/mereset password kita menggunkan perintah chntpw

[10].Untuk melihat semua list account user, gunakan perintah chntpw -l SAM


[11].Pada kesempatan ini saya akan mereset password account Administrator, Maka perintah yang digunakan adalah chntpw -u Administrator SAM.

12].Akan muncul menu wizard, saya akan membuat password Administrator saya menjadi “blank/kosong”, dengan menekan angka 1

[13].Kemudian tuliskan y untuk menu “write hive files”

[14].Selanjutnya, reboot komputer dan jangan lupa keluarkan cd system rescue

[15].Sekarang kita bisa masuk ke OS dengan account Administrator tanpa memasukan password

note: cara ini bisa kita gunakan untuk user di OS NT/2K/XP/2K3/Vista/Win7

 Ref :

[1]. Url: http://www.howtogeek.com/howto/windows-vista/change-your-forgotten-windows-password-with-the-linux-system-rescue-cd/, (Diakses Mei 2011).
[2]. Url: http://www.sysresccd.org , (Diakses Mei 2011).
[3]. Credit to Marcos Sitorus, yang telah memberikan wawasan mengenai sysresccd ini kepada penulis he3…..



2 Comments leave one →
  1. 28 May 2011 1:54 AM

    Mas, salam kenal sebelumnya, saya mahasiswa tkj, sekarang saya sedang magang smkn2 palembang, namun di tempat magang saya menemukan proxy mikrotik namun pembimbing saya tidak mengetahui password tersebut dikarenakan yang mensetting proxy sebelumnya adalah orang dari luar, saya ingin tanya bagaimana saya bisa mengetahui password admin dari proxy mikrotik tersebut. sangat dimohon bantuannya Mas. Trims

  2. 1 June 2011 1:36 AM

    Salam kenal juga, btw ini mikrotik router board atau OS Mikrotik (PC Router)?

Leave a Reply

