Skip to content

Belajar membuat Solusi VPN Client Access di Windows server 2003

Pada zaman-zaman kuliah dulu saya pernah iseng-iseng membuat suatu solusi vpn berbasis openswan dilinux,vpn site to site dan easy vpn nya punya cisco, sekarang saya mencoba membuat suatu solusi vpn client access diwindows server 2003. Teknologi ini diperkenalkan oleh Pak Nanang teman sebelah meja dikantor dimana saya bekerja. Sedikit intro bahwa teman saya ini adalah seorang praktisi IT, beliau memiliki kompetisi certified dibidang Microsoft seperti MCSE,MCBDA,MCSD serta MCT, beliau juga punya kegemaran mengajar dan ngoprek teknologi baru, and f.y.i beliau juga sudah mengeluarkan beberapa buku, judul blog kali ini juga diambil dari buku yang beliau karang.

Nah untuk kali ini topology yang digunakan adalah seperti gambar dibawah berikut:

Komputer naruto.iwing.org ini adalah komputer server yang berfungsi sebagai Domain Controller,DHCP Server, dan Remote Authentication Dial-in User service (RADIUS)/Internet Authentication Service (IAS)Server, Komputer ini juga berfungsi sebagai DNs Server.Komputer sai.iwing.org ini adalah komputer yang berfungsi sebagai VPN server, Service Routing and Remote Access (RRAS) diaktifkan sebagai VPN Server. Komputer sakura.iwing.org bertindak sebagai vpn client.

Gambaran umum cara kerjanya adalah sebagai berikut:
Pertama kita harus membukan koneksi ke internet(ceritanya)[gambar 1], kemudian setelah terhubung dengan internet dan bisa mengakses VPN Server kantor, selanjutnya adalah membuka koneksi VPN ke kantor menggunakan vpn client [gambar 2],setelah itu kita akan ditanya username and password, setelah mengisi dengan benar, maka kita akan terhubung dengan jaringan dikantor[gambar 3 dan 4]. Kita bisa mengakses intranet, file server, dan  berbagai sumber daya yang ada dijaringan komputer.

[Gambar 1]

[Gambar 2]

[Gambar 3]

[Gambar 4]

Bagaimana sekilas dari narasi diatas he3 ? berminat untuk mencoba atau mengaplikasikannya dikantor atau sekedar iseng coba-coba dilab? kalau jawabannya iya silahkan rekan-rekan mencari ref buku tersebut, karena walaupun boleh dibilang sederhana, tetapi buku ini tidak mengurangi kelengkapan isinya, penjelasan yang lengkap disertai dengan gambar untuk memudahkan  praktek menjadi keunggulan buku ini, bagi saya khususnya yang jarang ngoprek/mengimplementasikan teknologi mikrosoft.

Terimakasih saya tujukan kepada Pak Nanang Sadikin yang telah memperkenalkan teknologi ini kepada saya, semoga ilmunya barokah pak…b^_^d.

8 Comments leave one →
  1. 7 April 2011 8:33 AM

    gak jelas bgt deh blognya

  2. Catur permalink
    23 February 2013 12:58 PM

    Mas, ada ebook nya gak,, biar lebih jelas lagi ? :)

  3. jamal permalink
    17 March 2014 11:17 AM

    selamat malam mas iwing..
    perkenalkan saya jamal di samarinda..
    saya sudah beli bukunya ini,terus coba praktekin tapi ga bisa konek mas.
    kebetulan saya ngangkat bahasannya vpn ini di judul skripsi saya mas..
    mas bisa bantu ngajarin gak biar bisa konek?
    thx b4

    • 18 March 2014 6:00 AM

      Salam Kenal Mas,

      Untuk permasalahan tidak terkoneksi saya harus mengetahui topologi yang mas gunakan, terus ada pesan error nya seperti apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: